Mahalnya Biaya Sekolah Pilot, Bisakah Dapat Beasiswa?

Spread the love

Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pendidikan yang harus dikeluarkan untuk masuk ke sekolah pilot tidaklah sedikit. Rata-rata, biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa melanjutkan studi di bidang penerbangan ini mencapai setengah milyar (500 juta) bahkan lebih. Memang peluang karir bagi lulusan sekolah penerbangan khususnya pilot masih cukup lebar. Mengingat kebutuhan Indonesia akan pilot profesional masih tinggi dibanding profesi lainnya yang lebih umum.

Biaya besar yang harus dikeluarkan calon taruna untuk mendapatkan pendidikan sebagai seorang pilot profesional sebenarnya bisa dikatakan sebagai investasi yang cukup menjanjikan. Karena setelah lulus dari sekolah pilot atau sekolah penerbangan, pendapatan atau gaji yang diperoleh saat bekerja sebagai seorang pilot tergolong tinggi.karena itulah sekolah pilot ini semakin banyak diminati oleh para siswa setelah lulus jenjang SMA sederajat.

Namun untuk menjadi seorang pilot tidaklah mudah. Selain harus menyiapkan biaya yang besar, persiapan lain perlu dilakukan. Misalnya saja persiapan fisik dan mental. Karena tentunya untuk bisa masuk ke sekolah penerbangan, ada beberapa tahapan tes yang harus dilalui calon taruna yang akan bergabung. Perlu diketahui, tahapan tes dan seleksi akan dilakukan dengan sangat ketat. Apalagi jika sekolah penerbangan yang dituju sudah diakui kredibilatasnya.

Lantas bagaimana bagi calon taruna yang ingin menempuh pendidikan dan berkarir sebagai seorang pilot namun tidak punya biaya yang mencukupi? Apakah harus mengubur mimpinya untuk menjadi seorang pilot handal? Perlu kita ketahui sekolah pilot yang ada di Indonesia dibagi menjadi dua macam. Pertama adalah sekolah penerbangan milik Pemerintah, dan yang kedua adalah sekolah penerbangan milik swasta.

Dulu sebelum tahun 2013, Pemerintah membebaskan biaya sekolah penerbangan bagi para calon pilot dengan cara memberikan subsidi, namun sejak tahun 2013, subsidi tersebut telah dihapus. Saat ini biaya sekolah pilot pemerintah adalah sekitar 500 juta. Namun calon taruna hanya perlu membayar sekitar 100 juta dan 400 juta sisanya merupakan sekolah pilot beasiswa alias ditanggung Pemerintah. Namun untuk sekolah swasta tentu saja biaya harus dibayarkan full oleh calon peserta. Kecuali jika pihak sekolah penerbangan yang bersangkutan memberikan kebijakan tersendiri.