Cara Sederhana Ternak Burung Kacer Agar Cepat Berhasil

Cara Sederhana Ternak Burung Kacer Agar Cepat Berhasil
Spread the love

Salam kicaumania, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara beternak salah satu burung kicau yang sangat populer dikalangan pecinta burung, yaitu burung kacer.

Seperti yang kita tahu, hampir semua kicaumania memelihara burung kacer atau setidaknya sudah pernah memeliharanya. Burung yang memiliki ukuran kecil dan berwarna hitam serta putih ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama suara kicaunya yang lantang.

Semakin hari peminat kacer semakin banyak, hal ini menjadi salah satu peluang usaha untuk kicaumania dengan cara membudidayakan atau beternak kacer. Jadi selai sebagai tempat menyalurkan hobi teman-teman juga bisa mendapatkan penghasilan. Nah, untuk teman-teman yang tertarik untuk beternak burung kacer silahkan simak tips sederhana yang akan saya sampaikan dibawah ini.

Cara Sederhana Ternak Burung Kacer Agar Cepat Berhasil

Cara Sederhana Ternak Burung Kacer Agar Cepat Berhasil

Perbedaan Burung Kacer Jantan & Betina

Sebelum mulai beternak kalian harus paham mana kacer jantan mana yang betina, kalau gak paham yang repot 😀 .

Perbedaan antara burung kacer jantan dan betina bisa dilihat dari warna bulunya. Kacer jantan memiliki warna bulu hitam mengkilat sedangkan kacer betina memiliki warna abu-abu.

Untuk ukuran badan, burung kacer jantan berukuran lebih kecil dari ukuran betina. Namun dari segi kualitas suara, banyak yang menilai kacer jantan lebih bagus. Walau begitu suara kacer betina juga cukup bagus untuk kita dengarkan.

Jenis-Jenis Burung Kacer

Berikut beberapa jenis burung kacer yang bisa kalian temui di Indonesia :

1. Burung Kacer Sumatera/Kacer Poci

2. Burung Kacer Lokal/Kacer Jawa

3. Burung Kacer Madagaskar

4.  Burung Kacer Kalimantan

5.  Burung Kacer Blorok

Untuk perbedaan dari setiap jenis kecer tersebut bisa teman-teman lihat di Goolge ya 😀 , karena terlalu panjang jika harus saya jelaskan.

Cara Ternak Kacer

Untuk memulai ternak kacer ada 2 hal penting yang harus kalian sediakan, silahkan lihat dibawah ini.

1. Pemilihan Indukan Kacer

Pemilihan indukan kacer merupakan tahap yang paling penting, karena melalui indukan yang baik akan menghasilkan bakalan kacer yang baik pula. Namun tahap ini silahkan baca pada artikel khusus yang membahas cara memilih indukan kacer.

2. Kandang Ternak Burung Kacer

Untuk pemabuatan kandang ternak kacer, usahakan memiliki ukuran yang cukup luas, paling tidak berukuran 100x100x200 cm (panjang x lebar x tinggi)

3. Pakan Burung Kacer

Untuk pakan kacer ternak usahakan mengandung banyak nutrisi, mineral dan juga vitamin. Selain dari voer (pakan jadi) sebaiknya tambahkan pakan alami nya seperti kroto, jangkrik, ulat, dll.

Cara Menjodohkan Burung Kacer

Burung Kacer merupakan burung yang tidak mudah dijodohkan, jadi untuk menjodohkannya kita perlu kiat khusus. Salah satu cara sederhana yang bisa kalian gunakan yaitu :

  • Gantang Kacer jantan dan betina berdekatan. Dengan digantang secara dekat harapannya kacer jantan dan betina bisa saling berinteraksi. Atau bisa kalian buat kandang penangkaran yang cukup besar dan masukan kacer jantan dan betina kedalamnya.
  • Biarkan proses ini berjalan hingga 2 minggu supaya saling mengenal.
  • Jika kedua kacer tersebut sudah saling saut sautan saat berkicau, itu artinya mereka cocok dan bisa lanjut ke kadang ternak.

Nah, itulah sedikit tips untuk berternak burung kacer, semoga hal tersebut bisa menambah wawasan teman-teman terutama untuk yang pemula.

Untuk yang ingin melihat tips burung atau mau download suara burung silahkan simak artikel lebih banyak di pawangkicau.com